Menelusuri Keunikan Dodge Deora: Kombinasi Skateboard Paling Keren di Dunia
Dodge Deora, bukan
hanya mobil konsep biasa, melainkan juga mainan Hot Wheels dan model kit
plastik AMC yang menggoda. Cerita ini dimulai sebagai ide untuk salah satu kebiasaan
paling radikal dan inovatif yang pernah ada, yang kemudian berkembang menjadi
kendaraan konsep yang dipamerkan oleh Chrysler. Dibangun selama dua tahun
dengan biaya mencapai $10.000.
Meskipun mungkin belum banyak yang
melihat Deora di dunia nyata, anak-anak penggemar mobil pada akhir tahun
1960-an mungkin membuat kit model skala plastik atau versi Hot Wheels-nya yang
dipajang di ruang tamu mereka. Dua tokoh sentral dalam kreasi ini, Mike dan
Larry Alexander, berbasis di Detroit, mendapatkan apresiasi atas upaya keras
mereka dalam mewujudkan Deora. Namun, perlu dicatat bahwa gaya radikal
cab-forward sebenarnya adalah karya Harry Bentley Bradley, mantan desainer GM
dan dosen Art Center.
Pertemuan Bradley dengan Alexander
bersaudara terjadi saat dia masih belajar desain otomotif di Pratt Institute,
New York. Bradley, seorang kontributor tetap di majalah sketsa yang
mengkhususkan diri pada penyesuaian mobil, seperti Rodding and Re-styling,
Customs Illustrated, dan Rod & Custom, menjadi sosok yang berpengaruh dalam
perjalanan kreatif Alexander bersaudara. Setelah Bradley menjadi bagian dari
Staf Desain GM pada tahun 1962, kerja sama dengan keluarga Alexander
menghasilkan lebih dari 10 mobil kustom rancangannya selama delapan tahun ke
depan, dengan Deora menjadi karya paling mencolok hingga saat ini.
Proyek Deora dimulai pada tahun 1964,
ketika Alexander bersaudara dari Detroit merencanakan pembuatan pikap khusus
berbasis pada salah satu pikap cab-over terbaru dari Detroit, Chrysler A100.
Dalam upaya ini, mereka meminta Harry Bradley untuk merancang kendaraan
berdasarkan A100, dengan harapan bahwa Chrysler akan menyediakan truk tersebut
jika mereka terkesan dengan hasilnya. Namun, jika Chrysler menolak, mereka
memiliki rencana cadangan untuk mendekati pesaing mereka, Ford Econoline, yang
juga memiliki pikap cab-over.
Bradley, dengan visi kreatifnya,
ingin mengubah desain pikap cab-over dengan menyingkirkan kabin telepon umum
dan menggabungkan bagian atas dan bawah. Ia menekankan ketidakberlanjutan
dengan pintu dan cutline, menciptakan sebuah proposal konseptual. Untuk
menyelesaikan masalah akses penumpang, Bradley mengusulkan penggunaan pintu
bukaan depan yang dibuat dari jendela belakang model Ford station wagon tahun
1960.
Setelah Bradley menyampaikan proposalnya,
Mike dan Larry Alexander memberikan persetujuan mereka. Keputusan yang
mengejutkan datang dari Chrysler, yang juga melibatkan diri dengan memberikan
A100 yang akan diubah. Proses pemotongan dan penataan ulang dilakukan, mengubah
lembaran logam kabin stok hingga mencapai lantai. Ketika atap pertama kali
dipasang, posisinya hampir bersentuhan dengan kolom kemudi bawaan. Meskipun
Bradley awalnya ingin membuat palka depan sebagai satu bagian dengan engsel
atas, kendala struktural membuat mereka mengembangkan desain pintu terpisah
dengan jendela Ford 1960 yang diayunkan di bagian atas, dikendalikan oleh motor
listrik, dan panel buatan tangan di antara lampu depan. Desain inovatif ini
menjadi ciri khas Dodge Deora yang mencolok.
Dalam upaya untuk mencapai
fungsionalitas yang setara dengan kompleksitas kesan pertama, Alexander
mengembangkan solusi yang inovatif. Mereka mengganti kolom kemudi bawaan dengan
penyangga horizontal yang dapat diputar ke depan dari sisi bodi kiri,
memungkinkan pengemudi untuk masuk dan keluar dengan mudah, dan mengunci dalam
posisi saat berkendara. Roda kemudi yang dipilih adalah item kupu-kupu bergaya
drag racer, dengan input kemudi disalurkan melalui sproket dan rantai yang
melewati penyangga ke poros vertikal di sisi kiri bodi.
Pedal standar A100 bisa menembus
lantai tanpa perlu digerakkan, mirip dengan desain Porsche 911. Insinyur Hurst
berkontribusi dengan mengembangkan hubungan khusus untuk menghubungkan pemindah
gigi yang dipasang di lantai ke transmisi manual tiga kecepatan Chrysler. Untuk
memberikan ruang bagi penumpang, mesin enam silinder dipindahkan ke belakang
sejauh 15 inci, menyusup ke dalam bak pikap. Meskipun Deora tidak pernah
dirancang untuk mengangkut beban berat, pergeseran ini dimungkinkan. Radiator
juga dipindahkan ke bak pikap, ditempatkan di depan poros belakang.
Untuk memastikan pendinginan yang efektif,
dibuatlah lubang di bagian bawah tempat tidur untuk memungkinkan kipas listrik
mengalirkan udara pendingin. Walaupun menjadi solusi cerdas, ini menyebabkan
tangki bahan bakar dipindahkan dari posisi standar di belakang poros belakang
ke bak pikap tepat di belakang kabin. Agar semuanya terlihat rapi, tempat tidur
ditutupi dengan tonneau keras yang diamankan dengan pin pengunci kap mesin
krom, menciptakan kesan estetika yang bersih dan teratur.
Belum ada Komentar untuk "Menelusuri Keunikan Dodge Deora: Kombinasi Skateboard Paling Keren di Dunia"
Posting Komentar